Halaman

Rabu, 09 Oktober 2013

SYUKUR DALAM MUSIBAH

Mensyukuri nikmat yang dirasakan adalah hal biasa karena kita harus mensyukurinya, seperti yang tertuang dalam Al-Quran "Barang siapa yang bersyukur pasti akan Kami tambahkan nikmatnya, tapi barang siapa yang kufur, sesungguhnya azab Allah itu sangat pedih".
Disini penulis tidak ingin membahas syukur dalam nikmat, tapi ingin menuangkan pengetahuan penulis yang sedikit tentang syukur dalam musibah. Mudah-mudahan hal yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya, terutama bagi penulis. Dan semoga menjadi ibadah bagi siapa saja yang menyimaknya.

Mensyukuri akan musibah yang tengah menimpa adalah sesuatu yang sangat sulit dilakukan, tetapi yang sulit itu justru hal yang luar biasa jika kita bisa melakukannya.
Musibah adalah bentuk dari perhatian Allah pada makhluknya. Dengan kata lain bahwa musibah adalah bentuk kasih sayang Allah pada makhluknya, karena dengan diberinya musibah atau cobaan, atau sering juga yang menyebut sebagai ujian. Dimanapun yang namanya ujian adalah sesuatu alat ukur untuk melihat sampai dimana kekuatannya. Musibah yang kita alami pada intinya adalah untuk menguji akan kesabaran dan ketawakalan kita dalam menjalani hidup. Jika kita lulus dalam menghadapi ujian tersebut maka derajat keimanan kita akan naik, dengan naiknya derajat keimanan kita maka jelaslah bahwa itu adalah bentuk kasih sayang Allah pada makhluk-Nya.

Marilah kita jalani segala bentuk cobaan dengan penuh kepasrahan pada yang Maha Kuasa. Kita kembalikan semuanya pada Yang Maha Mengatur, Allah SWT. Allah memberikan cobaan dan ujian seberat apapun pasti tidak diluar kemampuan kita tapi ada di dalam kemampuan kita. jadi pada intinya jika kita mau sedikit merenung tentang diri kita sebenarnya, dari mana kita datang, sedang apa kita di dunia ini, dan akan kemana kita pulang, maka tidak ada yang namanya keluh kesah. Hidup ini pasti dibaya enjoy dan dinikmati tanpa melupakan akan kewajiban kita pada sang Khaliq. Mari kita pasrahkan segalanya pada-Nya. Wallahu alam bissawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar